' Kasturi 81 Wadya Bolo Zona Delapan Puluhan

Zona Delapan Puluhan

WAKTU SMP dulu kita berada di zona akhir 1980-an dan awal 1990-an. Ada film, buku, dan lagu yang amat familiar pada saat itu. Ketika itu pencipta lagu Rinto Harahap tengah menguasai pasar musik pop di Tanah Air.
Lewat bendera Loly Pop pentolan The Mercys itu mengorbitkan banyak artis, antara lain Hetty Koes Endang, Iis Sugiyanto, dan Betharia Sonatha. Kita tentu masih ingat lagu melow ''Jangan Sakiti Hatinya'', ''Dingin'', dan ''Kau Tercipta Untukku''.
Pada tahun-tahun itu kita menyaksikan akhir era Koes Plus, D'Lloyd, Favourites, dan The Mercys. Di tengah hegemoni Rinto dkk muncul Ebiet G Ade yang amat fenomenal melalui lagu baladanya. Masih ingat ''Berita kepada Kawan'' dan serial ''Camelia'' ?
Soal buku, saya ingat benar novel-novel remaja Eddy D Iskandar sekan menjadi bacaan wajib kita. Ada ''Gita Cinta dari SMA'', ''Puspa Indah Taman Hati'', dan banyak lagi yang lain. Isinya ngubek-ubek percintaan remaja yang agak cengeng-cengeng sedikit.
Pada era itu novel ''Ali Topan Anak Jalanan'' karya Teguh Esha juga melejit. Nah, novel-novel itu kemudian dibikin film yang ternyata juga laris. Dari situ muncul artis idola remaja, misalnya Rano Karno, Yessy Gusman, Sherly Malinton, dan sebagainya.
Tentu, di antara kita ada yang memiliki kenangan khusus sehubungan dengan lagu, buku, dan film di era delapan puluhan tersebut. Kalau tidak keberatan, kenapa tidak kita ungkapkan di sini ? Barangkali kelucuan, kepahitan, atau bahkan kemanisan akan membuat awet muda.
Ya, siapa tahu. Ayo, siapa yang mau memulai, tidak perlu sungkan atau malu-malu. Tuliskan saja apa yang ada di kepala.

18 komentar :

  1. Walah Mas Beno, bareng wis oleh sisik melik terus nulis kenangan jaman 1980-an. Arep balen maneh apa piye. Tak dukung, ning cemplungke kalen ...he he he

    BalasHapus
  2. Puspa Indah taman hati,pengalaman pertama nonton bioskop dengan celana pendek.Senandung Ebiet mengingatkan istrirahat waktu SMP dan makan bakso lari belakang.Edy D.Iskandar Novel novel laris bacaan kakakku yang kusembenyikan dan buat alat untuk bisa ngobrol dengan cewek-cewek cantik Klas IA.Ga berani sebut namanya!!!Laris semua bergilir meminjam.

    BalasHapus
  3. @ Mas Nasih: theklek kecemplung kalen, bocah elek njaluk balen hehehehehehehe .......

    @Mas Sonar: novel cengeng koyo ngono kok yo akeh sing moco yo, ayake podho pengin nangis !

    BalasHapus
  4. Toloooooooooooooooooooong!!!
    Toloooooooooooooooooooong
    Alumni 82 pada semaput semua nek mau gabung di alumni kakak kelas 81 ya rada pekewuh ya kakak-kakak semua
    Mengenai era 80..ya jelas alam kehidupan masa lalu kita masa SMP dulu yang sangat lucu-lucu penuh kenangan masa SMP.. dan mengikuti Blog alumni 81 serasa dah bener-bener optimis bakal reuni seru tenan. kapan kapan memang harus terlaksana..Blog 82 sederhana tapi justru penuh kebermaknaan.Nyuwun sewu lho ya saya bertamu lagi.

    BalasHapus
  5. blognya segera dimulai saja mbak, "ada gula ada semut", jadi sering-sering saja taruh gulanya nanti semut juga akan berdatangan ...

    BalasHapus
  6. Mbak Ties, mboten perlu pekewet, sumonggo gabung kemawon,mboten punopo-punopo kok.

    BalasHapus
  7. inget tahun 80 an lagu lagu cengeng sempet dicekal ndak boleh oleh pak Harmoko (MenPen era soeharto)....
    bener ngendikane mas Sunar Priyono,nonton film puspa indah taman hati......
    tapi enak dengerin lagu lagu 80 an yg di nyanyikan lagi sama tantowi yahya versi country.....nglaras tenan.......mbak Ties ndak usah pekewuh sama sama kakak kita sing penting gabung......
    cah nogiri memang hebat hebat..satu company dengan saya malah jadi BOS ku (Product Manager) namanya Slamet cah krisak kelir jebul alumni 98 dia alumni UGM Pharmasi...cah wingi sore wis mlingkrik2..
    sego thiwul ki memang marahi pinter.....

    BalasHapus
  8. Lha ini mas maryanto.. alumni 82 lho..mlayune di blog alumni 81.
    lha kapan ramenya ya??
    Hayo mas maryanto pulang kandang ke alumni 82. BEn ndang ruame.
    Kalau alumni 81 malah daj bikin arisan barang kok ya?

    BalasHapus
  9. Ngerti ra Ben yen penyanyi idolane Nasih jaman itu : Dian Pishesha (klangenan jaman kuliah), Jayanti Mandasari (jaman SMA, eling ra Sih?), karo Angel Pfaffff (mergo jenenge angel diwoco).
    Bener mas Maryanto .. percoyo ra percoyo .. sega thiwul tambah mi geyol malah marai pinter!

    BalasHapus
  10. thiwul memang membuat orang wonogiri ..benar-benar dasyat atos..gede kekarepane duwur cita 2ne gitu to mas Nasih and mas Tahid

    BalasHapus
  11. Inggih bulik!
    Sih, yen menurutmu sega thiwul marai gedhe apane? ... sing jelas marai gedhe wetenge .. empuk-empuk mblendhug

    BalasHapus
  12. Cita-cita dhuwur, ning sayange amarga mangan thiwul wetenge mlendhung jur ora isa mabur... alias kandas.
    Mulane saiki dha mangan gandum, mengko yen wis biasa kudu terbang kulakan barange ke amrik apa russia.

    BalasHapus
  13. Singkat kata: gedhe tur dowo !

    BalasHapus
  14. satu katu sing tak ucap no ke Slamet BOS ku.....oalah to pak jebol wong nogiri.......

    BalasHapus
  15. eh..pak Slamet ding.....takut beliau nya baca kok manggil nya ndak pakai pak....kalau baca blog ini maaf ya pak Slamet

    BalasHapus
  16. Alah, Mas, walau bos ya njangkar saja nggak apa-apa, wong adik kelas kita jauh ..... Macem-macem, undangke pacul ehhh thiwul ding hahahahahahahaha !!

    BalasHapus
  17. Setuju Ben .. salah satu keistimewaane wong Nogiri ki : egaliter ra birokratis .. wong podho2 seneng thiwul karo tempe benguk wae!
    Kalau ketemu sama wong Nogiri ki rasane koyo ketemu sedulur wae, ra ono bedane boss karo tukang bakso. La wong tukang bakso-ne malah luwih sugih mbange boss-e!

    BalasHapus