' Kasturi 81 Wadya Bolo Jadi ''Ajudan'' Bu Haryati

Jadi ''Ajudan'' Bu Haryati

ADA salah satu kenangan pada saat duduk di kelas 1A yang berkesan dan membekas hingga sekarang. Yakni, ketika menjadi ''ajudan'', ''tangan kanan'', ''anak emas'', atau apalah namanya. Pokoknya, waktu itu saya ''disayang'' betul oleh Bu Haryati, guru Ilmu Hayat atau Biologi.
Saya masih ingat benar, tugas saya antara lain menggambar berbagai bentuk daun, bagian-bagian tumbuhan, dan sejenisnya di papan tulis untuk kemudian disalin oleh teman-teman. Kalau tidak salah, itu pada ekstrakurikuler atau saat ada perpanjangan masa belajar selama setengah tahun.
Keuntungannya adalah saya sekaligus bisa belajar dan memperdalam bahan-bahan pelajaran, sehingga untuk mata pelajaran Ilmu Hayat mendapat nilai 9 adalah aib. Jadi, ada semacam kewajiban mesti mencetak angka sempurna 10.
Apakah beliau sudah pensiun dan dikaruniai panjang umur ya. Dulu rumahnya di gang sebelah timur seberang lapangan Polres yang ada sumurnya itu. Teman-teman Nogiri, bisakah memberi kabar mengenai salah seorang guru kita itu ?

12 komentar :

  1. Sayang banget aku rung tau diwulang bu Haryati, selalu diwulang pak Mujiyono sing ra pati menarik.
    Bambang Sup juga selalu memuji bu Haryati .. membuat apalan Biologi dadi gampang, nglothok luar kepala .. pindah nyang topi po!

    BalasHapus
  2. Ngelothok .... pindah dengkul, Mas.

    BalasHapus
  3. yen dhisik Tahid sida seneng biologi, temtu saiki dadi dokter hewan, wong Tahid ki seneng karo sing telanjang ...
    lupu saka biologi, mlayu ke mesin mbukaki sing ana jero-jero. Wah jan ... pancen wis bakat ya.
    Jujur wae Hid, jane apa wis tahu munggah G. Gandhul ta ?

    BalasHapus
  4. Bu Haryati Guru Biologi yang cantik,putih dan berkacamata.MAs Beno dan Ima selalu di beri tugas mencatat di papan tulis.Ngumpulin aneka daun dan melihat dengan Microscope,dan Test Darah,,itu yang kuingat di IA,

    BalasHapus
  5. Betul Mr ''Sonar'', dari pelajaran dan praktikum Biologi menuntun saya jadi manusia yang (sok) cermat, (sok) teliti, (sok) penuh perhitungan, dan ....... ngeyel tanya terus !!

    BalasHapus
  6. Mr ''Narsih'', Mas ''Tauhid'' itu keluyurannya di GG, jangan meremehkan to. Sampai-sampai monyet penghuninya juga gantian keluyuran ke sekitar rumahnya.

    BalasHapus
  7. Ibu Haryati sekaran sudah purna tugas sekitar 2 tahun yang lalu, wajah masih cantik tapi tidak secantik yang dulu. Alhamdulillah beliau baik-2 saja, tiap bulan aku ketemu di pertemuan ibu RT

    BalasHapus
  8. Wah, kalau ketemu, salam saya untuk beliau ya Mbak Mincuk. Mungkin beliau sudah lupa.

    BalasHapus
  9. Sungkem kagem bu Haryati ya mbak Mincuk...saya angkatan 82.....teringat sekali sampai sekarang wajah beliau, ngagem kaca mata, rambutnya agak ikal pendek, dan yang paling ku ingat ketika ulangan biologi aku duduk sebelahan sama MENTHOT (81 tapi tinggal klas jadinya bareng sama saya)...aku berdua sama Menthot ngepek dan konangan akhirnya disuruh keluar....mualu buanggaet...mungkin beliau lupa tapi saya selalu inget kejadian itu.....sepindah malih sungkem ugi salam kangen kagem beliau mbak Mincuk....

    BalasHapus
  10. Nasih ngenyek banget .. munggah GG bola-bali no. Dulu sebelum ada waduk GM kan itu andalan kita. Bahkan sampai sekarangpun aku merasakan masih lebih indah GG daripada GM. Kalau ada saudara datang dari luar kota (Solo, Semarang bahkan sampai orang Lombok) .. selalu kami ajak naik ke puncak GG. Aku malah curiga .. ojo2 Nasih ki sing ra tau tekan puncak GG, soale durung sampai puncak wis golek "penek-an" nggo injen2 kaya si Maming kancane Patrem. Yo ra Sih.
    Eh mbak Mincuk yen ra salah ono ponakane bu Haryati yang seangkatan kita lo jenenge Bambang ... (lali) bocahe juga putih asli Krisak.

    BalasHapus
  11. Ponakannya Bu Haryati bernama Bambang Susilotomo, bagus putih. Dulu waktu kelas 2A kan sebangku dengan saya, Mas Tahid.
    Kuliah di UKSW Salatiga, tapi nggak tahu di mana sekarang ....

    BalasHapus
  12. Oooo .. Bambang Susilotomo ki biyen yo kelas 2A to. Berarti sak kelas karo aku 2 tahun (karo kelas 1D). Gaya dan intonasi bicarane jik tak eling2 nganti saiki .. berat dan serak2 basah .. type suara yang bikin wanita kleper-kleper.

    BalasHapus