' Kasturi 81 Wadya Bolo Berantem Gara-gara Fes Buk

Berantem Gara-gara Fes Buk

FB memang fenomenal, bisa mempertemukan sahabat lama yang sudah puluhan tahun dicari. Namun juga bisa menimbulkan gejolak seperti yang saya alami dibawah ini.
Gara-gara FB, 2 sahabat lamaku teman SMA (sahabatnya Nasih juga) bisa berantem di FB sampai keluar umpatan-umpatan khas Solo kelas bawah : ... cangkem-mu ... tai ... dasar wong ndeso omongane yo ndesani ...wis tuwo ra ngejak seneng malah ngejak padu ... dsb dsb. Padahal kalau dipikir2 dua-duanya yo dari ndeso, wong yang satu dari pelosok Boyolali, satunya lagi dari pelosok Karanganyar (koyo Nasih dari pelosok Nogiri he he ... kalau aku yo .. rodo kutha sithik!). Cuma dengan potensi dan kemauan keras yang kita miliki sebagai perantau (supaya tidak mengecewakan orang tua dan desa asal .. he he), yang satu berhasil jadi dokter di Jakarta plus jadi dosen di PTS elit macam Trisakti, yang satunya lagi jadi Manager Pabrik di Jawa Timur.
Dengan berjalannya waktu ternyata guyonan saru atau gojekan kere yang dulu biasa-biasa saja, ternyata bisa menjadi hal yang sensitif di masa kini. La ceritanya si Manager meledek si Dokter yang dianggapnya ledekan biasa seperti yang dulu-dulu biasa kita lakukan, tetapi ternyata dianggap aib di masa kini oleh si Dokter.
Si Dokter muni-muni di HPnya : “Coba Hid, yen nganti pasienku ngerti, mahasiswa-mahasiswiku ngerti ... rak iso hancur aku ... kancamu kae! ... cangkem-e ra ditoto .. dsb.dsb.”.
“Lo ... la rak kancamu ugo ... la wong sing menemukan si Manager di FB yo kowe”, godaku
“Alaaaah ra kakean ngomong”, semprotnya emosi.
La cilakanya mereka berantem via FB didindingku. Jadilah 3 hari terakhir ini aku pontang-panting mendamaikan mereka layaknya capres JK mendamaikan GAM. Gonduknya lagi temanku yang satu itu ... (Nasih he he) ... bukannya meredam suasana malah ketawa-ketiwi sambil nambahi komentar : “Wah ramai … wong ndeso ketemu wong ndeso … padu!
Padahal kalau dipikir2 mereka itu (termasuk saya, Nasih, dll) dulu bagaikan saudara sendiri, kos bareng, ibaratnya makan sepiring berdua tidupun sebantal. Kita yang berasal dari ndeso (Wonogiri, Karanganyar, Boyolali, Ngawi, Purwodadi, dll) merasakan senasib sepenanggungan, berjuang untuk eksis ditengah-tengah teman-teman dari kota Solo yang kempling, otaknya pada moncer dengan fasilitas yang aduhai.
Perang dingin itu masih berlangsung sampai sekarang .. si Manager saya bujuk-bujuk akhirnya sudah minta maaf, tetapi si Dokter belum mau memaafkan … walaah goro-goro FB nambah gawean wae!
Itulah sedikit cerita yang mungkin bisa menjadi renungan dan bahan pelajaran bagi kita kala main-main di FB. Akupun sempat agak terperosok … untung diingatkan Nasih.
FB bukan seperti blog yang komunitasnya terbatas.
Aku dadi ngeri karo FB ….. ngeriiii bo!

12 komentar :

  1. La yen masalahku koyo ngene iki piye mas Anto ... goro2 fes buk dadi nambah gawean!

    BalasHapus
  2. Komen-e di setip wae beres Hid. gituh aja koq repot.

    Senenge loh ketemu sedulur tunggal kos setelah 25 th.

    BalasHapus
  3. Ketemu malah njur dadi padu ngono kok seneng .... dasar!

    BalasHapus
  4. Malah ana sing ketemu sedulur, marga mobile tabrakan ...
    Hid, Tahid. Mangan-mangan yuuk. mesti ilang leh arep padu.

    BalasHapus
  5. Nek menurutku org sekali terlahir di dunia dan hidup, sampai akhirat nanti pasti akan menghadapi masalah. Yo ming masalahe mas Tahid ki mesti bedo karo masalahe mas Beno karo mbak Mincuk he...3

    BalasHapus
  6. Sssssssssssssssst...bikin cerita yang bikin kita mengenang kota wonogiri saja.biar semakin cintah dengan tanah air...he...he...khususnya WONOGIRI.asal-asul kta semua.

    BalasHapus
  7. Aku ki yo rodho nggumun lho jan-jane. Kok rupane ombake "digital life" semono bantere. Awakku dadi luwih ndeso tinimbang Thukul hahahaha. Facebook ora nduwe, blog ora nduwe, YM juarang pol, blackberry durung yenggol.... Padahal yen tak gagas mostly my work related to digital world, paling ora komputer. Nganti bojoku omong jarene dadi istri kedua.... hahaha... ha iki dokter lan manager kok yo sempat gegeran nang facebook...... kok yo sempat yooo....

    Lha sing aku nggumun ki, rumangsaku cangkrukan nang pos ronda (duduk pos rondho lho), ketemu arisan RT-an sing iuran sampah-e Rp 1000 perbulan dicicil 2 kali arisan, ngobrol karo tonggo nang ngarep omah dan samping rumah ki yo nyamelng. Kok yo podho demam virtual life. hahahaha

    BalasHapus
  8. Nek aku yo nggumun, wong jan2e FB, Blog dll kuwi perlu kanggo tambah network, ngumpulke konco2 dan saya sendiri merasakan gunanya selain buat ngumpulin temen2 juga saya dapat banyak customer dari sana, beberapa group tour yang saya dapatkan sekarang banyak dari temen2 baru dari FB dll. Jadi memang gara2 FB saya dapat tambah kerjaan tapi menghasilkan uang. Itu baru bermanfaat.

    BalasHapus
  9. This comment has been removed by the author.

    BalasHapus
  10. Jo podo gumunan .. he he .. dilarang suargi mbah Harto lo.
    Bener mBang/Nang .. mengherankan yo fenomena FB iku. La yen Bambang ngono nyoto kasiate .. nambah duit. La nek mung kanggo ha ha hi hi .. malah dadi padu .. rahasiane wedi kebongkar .. mending koyo Kenang. Bener Nang aku ki yo koyo sampean .. ora iso ngikuti jaman. HP yo cukup jadul rego 1 jt-an .. sing penting iso nelpon ro sms wis cukup. Kadang2 malah ditegur anak buahku : "ga malu to pak HPnya masih jadul gitu ga bisa buat ngenet .. sama HP Satpam kita aja kalah canggih lo pak!".

    BalasHapus
  11. nah dari pada padu aku dodolan wae, hayo siapa yang mau piknik ke Bali, keluarga maupun rombongan saya yang urusin tiket pesawat, bus, hotel, tour dll. Masalah harga bisa disesuaikan dengan budget. Boleh juga di tawarkan ke temen-temen kantor, tetangga dan saudara. Ada marketing fee lho, kalo bisa ngejualin. Monggo....

    BalasHapus
  12. Lha yen nganti padu ono FB ki yo eudan tenan tur bodho nemen !
    Kanggoku, FB ki yo sarana diskusi, curhat, lan guyon. Ngono wae kok repot !

    BalasHapus