PENGELOLAAN waktu berkorelasi dengan kesuksesan. Orang-orang yang bisa atau pintar mengatur dan mengelola waktu, biasanya sukses baik dalam bisnis, pekerjaan, maupun bidang-bidang lain.
Ada beberapa tips bagaimana mengelola waktu (Dave Kahle; Book Inspiration, Women Lifestyle) agar membuahkan kesuksesan.
@ Mengatur jadwal sebaik-baiknya, kapan bekerja, istirahat, hang out, suka-suka gue, dsb.
@ Bekerja atau melakukan sesuatu secara tenang dan fokus, maksudnya tidak buru-buru dan konsentrasi penuh.
@ Menyediakan waktu ekstra minimal 30 menit dalam bekerja atau beraktivitas, maksudnya bekerja atau berupaya lebih.
@ Menyisihkan waktu agar tetap dalam kondisi bugar, segar, dan sehat baik pikiran maupun tubuh sehingga ketika bekerja atau beraktivitas tetap prima dan fit. Misalnya berolahraga, rekreasi, dan kegiatan santai; outbound sesekali juga sangat dianjurkan.
@ Meluangkan waktu minimal 30 menit tiap hari untuk meningkatkan diri di rumah; contohnya belajar, membaca buku, membuka-buka blog alumni 81, diskusi dengan pacar atau tetangga, dll dll.
@ Menulis minimal 5 ide yang berhubungan dengan pekerjaan atau kegiatan yang tengah dilakukan. Tujuannya adalah agar selalu muncul kreativitas dan terobosan, tidak mandek atau terjebak dalam rutinitas.
@ Membuat analisis diri dan prestasi yang telah dicapai secara periodik, misalnya sebulan sekali. Ini dimaksudkan untuk menentukan arah dan gol-gol ke depan.
Jadi, tunggu apa lagi, ayo belajar menerapkan manajemen atau pengelolaan waktu yang baik dan benar. Ciaoooooooo .........
Sukses itu menghabiskan waktu! dan bukan kehabisan waktu.
BalasHapusBelum tentu menghabiskan waktu, wong kadang-kadang sukses karena kesandung alias nggak nyangka atau tanpa usaha. Banyak contohnya ......
BalasHapus